ggg

Kamis, 28 Juni 2012

ANTARA HATI JASMANIAH DAN ROHANIAH





Hati batiniah berfungsi hampir sama dngan hati jasmaniah.hati jasmaniah terletak pada titik pusat batang tubuh:hati batiniah terletak antara diri rendah dan jiwa.
hati jasmaniah mengatur fisik dan hati batiniah mengatur psikis.hati jasmaniah menjaga tubuh dengan mengirimkan darah segar dan berogsigen kepada tiap sel dan organ di dalam tubuh.ia juga menerima darah kotor melalui pembulu darah.demikian pula,hati batiniah memancarkan kearifan dan cahaya,dan ia juga mensucikan kepribadian dari sifat-sifat buruk.hati memiliki satu wajah yang menghadap ke dunia sepiritual.dan satu wajah lagi menghadap ke dunia diri rendah dan sifat-sifat buruk kita.

Jika hati jasmaniah kita terluka,maka kita menjadi sakit.jika ia mengalami kerusakan berat,maka kita pun akan meninggal dunia.jika hati batiniah kita terjangkiti sifat-sifat buruk dari nafsu(diri rendah),maka kita akan sakit secara spiritual.jika keseluruhan di dominasi oleh nafsu,maka kehidupan spiritual kita pun akan matì.

Hati jangan di salah artikan emosi.,seperti,amarah,rasa takut,dan keserakahan,berasal dari nafsu,

Ketika manusia berbicara mengenai ''hasrat hati'' mereka biasanya merujuk hasrat nafsu,nafsu tertarik hasrat duniawi dan tak peduli dengan tuhan.sedangkan hati hanya tertarik pada tuhan dan mencari kenikmatan di dalam tuhan.

Hati scara langsung bereaksi atas stiap pikiran dan tindakan.
Seorang syeh berkata: setiap tindakan dan kata yang baik akan memperlembut hati,dan setiap tindakan atau kata yang buruk akan memperkeras hati.

Nabi muhamad menunjuk kan keutamaan hati saat berkata.,sesungguhnya dalam diri manusia terdapat segumpal daging.jika ia sehat,maka seluruh tubuhpun sehat,jika ia sakit maka seluruh tubuh pun sakit..

Rumi berujar.
Jadilah hamba hati
Atau setidaknya yang tunduk kepadanya
Sebab bila tidak,maka kau akan kehilangan daya.
Bagaikan keledai terjebak dì dalam lumpur
Jika seorang tak memiliki hati,
Seorang tak kan memperoleh keberuntungan.
Dalam kemalangan,seorang akan menjadi terkenal di dunia.

Tidak ada komentar: